sop senerek mak nyusss

Jumat, 09 Maret 2012

Postingan ini buat para pemburu kuliner setia….
Cheerrsss :)
Buat para pencinta kuliner pasti tau akan cita rasa sop,,makanan berkuah seger banget apalagi pas cuaca panas,,brrrrrrr
Tapi apakah kalian tau tentang satu jenis sop ini = sop senerek?
Buat yang belum tau,,check this out======>

Cerita ini bermula sejak 2007 ktk aku pindah rumah ke cacaban magelang…tepatnya di Jendralan.
Kampung ini dinamain Jendralan, katanya konon jaman Belanda  dulu  daerah tempatku tinggal ini merupakan tempat tinggalnya para jendral jendral.. ditambah lagi di sebelah utaranya terdapat Karesidenan Kedu yang juga dulu tempat tinggal Pangeran Diponegero waktu melawan Belanda. Di dalamnya masih terdapat barang  barang peninggalan Pangeran Diponegoro. Kapan² ak bahas yaa:)

Langsung ke sop senerek aja yaa….capcussss
Jalan menuju rumahku, merupakan deretan warung warung makan yang mantep² cuy,, tempatnya sekitar 500 m arah barat dari Alun² Magelang,,
Dan sebagai penikmat kuliner aku patut bangga karena rumahku strategis sekali,,hahhah
warung makan Mbah Atmo

Salah satu warung yang paling terkenal yaitu WARUNG MAKAN SOP SENEREK BU ATMO,,
Warung ini terkenal banget, saking terkenal nya warung  Mbah Atmo ini  ”nama pemilik warung ini ” pernah masuk Trans TV acaranya Pak Bondan Maknyuss Pemirsa..
mbah Atmo "sang pemilik warung"

Warung mbah Atmo ini menyediakan berbagai masakan seperti nasi rames, gudeg, pecel, mangut lele dan brongkos sapi  tapi yang paling spesial yaitu sop senerek yang mak nyuss banget..
berbagai masakan yang disediakan


Kembali ke senerek ====>
Senerek merupakan pengadopsian dari kosa kata Belanda  “snert” yang artinya sebenarnya nama masakan sop kacang polong dari Belanda(kacang polong sendiri adalah ErwtenSoep). Namun masyarakat Magelang dalam penyebutan ”snert” ini menjadi senerek #tau sendiri lidahny aorang jawa keseleo#.  Walau nama masakannya berasal dari  Belanda, rasa dan bahannya sudah sangat Indonesia karena menggunakan bahan dan bumbu lokal.

Sop Senerek ini sekilas seperti sayur bening bayem biasa, hanya saja yang menjadikan  ciri dari senerek ini adalah isinya yang terdapat kacang merah/ senerek, irisan wortel, daun bawang, sayur bayam, dan dicampur irisan daging/jeroan sapi/ayam bacem yang dapat dipilih sesuai selera.
Setelah itu masih diguyur lagi dengan kuah panas,,,hmmm aromanyaa sedapnyooooo,, Apalagi ditambah taburan bawang goreng di atasnya.


sepiring sop senerek,,hmmmm, lazisss



Sebagai pelengkap dan teman makan senerek dapat ditambahkan sepiring nasi putih. Kalau mau, bisa ditambah kecap atau sambal sesuai selera. Dapat dijuga ditambahkan dengan berbagai macam lauk yang telah disediakan seperti tempe gede bacem/goreng, tahu bacem/goreng, sate telor puyuh, sate kerang dan rempeyek udang. Untuk semangkuk sup senerek beserta nasinya, Bu Atmo membandrol harga Rp 8.000,00. cukup terjangkau untuk rasa masakan yang nikmat.

Tapi buat yang kolesterol atau asam urat mungkin pesennya ga usah pake jeroan kali yaaa,,,

Setelah selesai makan, para pembeli ditawarkan berbgai minuman ala warung makan. Namun ada satu minuman yang saat ini langka,, yaitu jamu beras kencur ala ala jamu gendong.. minuman ini terbuat dari perasan parutan kencur dan ditambahkan sedikit gula dan es batu segelas,,, es – beras kencur Cuma gopek alias 500 rupiah.. murah kann?

Begini ni bentuknya kalo lagi makan disana :
satu paket sop senerek + es beras kencur + gorengan
Sepengamatan aku,,  yang Pulang pergi sekolah selalu lewat situ..
warung ini buka mulai pukul 07.30 hingga pukul 16.00 Tiap aku berangkat sekolah dulu warung ini sudah mulai buka dan pas aku jam pulang sekolah sekitar jam 14.00 itu merupakan waktu terbanyak pengunjung warung Mbah Atmo..
Rame banget.. dan aku pikir warung ini tak pernah sepi oleh para pembeli. Alhamdulilaah yaa:P

So,, bagi pecinta kuliner yang belum pernah makan sop senerek,,
Buruan sambangin ni warung makan mbah Atmo,,
Jangan kesoreann pasti udah abizzz,,,

Just sharing:)






0 komentar:

Posting Komentar