Makanan Korea

Senin, 19 Maret 2012

Saat ini, demam Hallyu alias Korean Wave uda menyebar ke seluruh pelosok Negeri,,
Kebudayaannya kini telah menjadi trend-center, terutama bagi para pemuda..Bukan hanya soal film, drama, penyanyi, boy band atau girlband, dan fashionnya, bahkan dari sisi makanan Korea pun kini telah mewabah di kalangan masyarakat..
banyak masyarakat yang ingin mencoba dan mencicipi beragam makanan Korea..
termasuk teman temanku…..===> Waktu kmrn aku di kampus, anak anak pada cerita beberapa makanan korea yang uda pernah mereka coba,,tempatnya dimana?  rasanya gimana?

Dan aku pikir, di sini Cuma aku sendiri yang ga pernah nyoba,,bukan ga pernah, tapi belum sempet,,,hhahaha,,#jangan bilang aku katrok yahh, tapi emang iyahh,,hhaa#
Sumpa de aku belum pernah nyoba sama sekali jenis jenis makanan yang mereka bilang itu..
Dan untungnya aku tau beberapa aj, karena ak suka liat dari drama korea yang sering ak tonton..:P
Di setiap drama korea yang aku tonton, pasti ada adegan makannya,, makannya pasti bareng"..

ini adegan makan bersama di film Playfull Kiss^^

nahh,, kayaknya makanan orang Korea itu pedes” + panas” langsung dimakan, dimasukkan ke mlut. Apa ga melonyot yaa tu,,hihiii,,, trus makannya pasti pake sumpit..
akhirnya tanpa bababa bibibi bububu aku langsung Googling cari tau tentang makanan dari Korea..

check This out =====>
1.    Kimchi
Kimchi adalah makanan tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah.
Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. Di zaman dulu, kimchi diucapkan sebagai chim-chae (Hangul: 침채;Hanja: 沈菜) yang berarti “sayuran yang direndam.” Di Korea, kimchi selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu jenis banchan yang paling umum. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi (kimchi jjigae), nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap), dan berbagai masakan lain.

2.    Bulgogi
Bulgogi (불고기) adalah potongan daging sapi yang dipanggang dengan kecap, minyak wijen, bawang putih, bawang bombai dan lada hitam. Bulgogi berarti “daging api”. variasinya:  ayam (dak-bulgogi), dan soto.


3.     Sundubu Jjigae’
Masakan Korea yang bernama ‘Sundubu Jjigae’ sebagai masakan yang sangat cocok dengan musim dingin. Sundubu Jjigae adalah masakan khas Korea yang dibuat dari tahun yang lembut seperti sutra dalam kaldu sapi atau hasil laut yang pedas dilengkapi dengan daging, bawang bombay, dan Kimchi dan sangat cocok untuk dimakan di musim dingin. Sundubu Jjigae yang panas dan pedas mungkin orang dapat melupakan sebentar dinginnya cuaca.

4.    Mie Ramyoen
Mie Ramyoen (라면): mie  ramen  khas Korea, namun agak berbeda dengan ramen dari Jepang. Ramyeon Korea dapat pula berarti mie instan yang dijual kemasan. Ramyeon dimasak dengan kuah yang sangat pedas danbiasanya ditambah sayuran, daging atau kimchi.




5.    Jajangmyeon


Jajangmyeon (atau jjajangmyeon) adalah jenis makanan Korea yaitu mi  saus pasta kacang kedelai hitam. Jajangmyeon dipengaruhi kuliner Cina, dan orang Cina biasa menyebutnya Zhajiangmian (炸醬麵). Jajang artinya saus goreng, dan myeon artinya mie.
Jajangmyeon menggunakan mie tebal yang terbuat dari tepung gandum.Saus jajangmyeon dibuat dari pasta kacang kedelai hitam yang disebut chunjang (hangul: 춘장; hanja: ) yang ditambahkan dengan bawang merah cincang, zucchini dan daging merah atau makanan laut. Ketika memasak saus biasanya ditambahkan cornstarch (sejenis pati yang terbuat dari tepung jagung) agar saus jadi kental. Pasta kacang kedelai (chunjang) dibuat dari kedelai yang dipanggang (dibakar). Oleh karena itu, jajang mengandung arti saus yang digoreng walau sebenarnya saus dimasak dengan cara direbus.

6.    Gimbap 
Gimbap adalah jenis makanan Korea  yang terdiri dari nasi  yang dibungkus dengan rumput laut. Bentuknya sih emang mirip dengan sushi tapi beda kok. Gimbap populer sebagai makanan yang dibawa piknik, hiking atau aktivitas lain di luar ruangan.
Bahan dasar gimbap adalah nasi, daging, sayuran yang diacar atau yang masih segar. Secara tradisional nasi dibumbui dengan garam dan minyak wijen atau minyak perilla. Isinya pun beragam, mulai dari ikan, daging kepiting , telur atau daging iga sapi yang dibumbui. Sedangkan bahan sayuran adalah ketimun, bayam, wortel dan danmuji (acar lobak)

7.    Tteokbokki
Tteokbokki adalah penganan Korea berupa tteok dari tepung beras yang dimasak dalam bumbu gochujang yang pedas dan manis. Tteok yang dipakai berbentuk batang atau silinder. Penganan ini merupakan makanan rakyat yang banyak dijual di pojangmacha.



8.     Bungeoppang
Bungeoppang (붕어빵; “roti ikan mas”) adalah jenis kue panggang yang diisi dengan pasta kacang merah dengan cetakan berbentuk ikan.


bagi yang tau makanan selain yang diatas n uda pernah nyobain salah satu dari makanan korea ini,, silahkan komen,,,
lets share
::gomawo::
Dari sumber : http://rizkinanda01.wordpress.com/

0 komentar:

Posting Komentar